VALUE CHAIN PADA PERUSAHAAN STARUP "RUANGGURU"
Perusahaan startup adalah suatu perusahaan
yang sedang dirintis dan berusia dibawah 5 tahun. Oleh sebab itu, perusahaan
startup juga seringkali disebut dengan ‘perusahaan rintisan’. Namun, seiring
dengan perkembangannya, definisi berdasarkan usia di bawah 5 tahun tidak lagi
begitu relevan. Karena sudah banyak perusahaan startup di Indonesia yang
beroperasi lebih dari 5 tahun namun masih tergolong ke dalam startup. kemudian
perusahaan startup didefinisikan lebih kepada suatu perusahaan yang
menggabungkan unsur sosial dengan ekonomi. Startup merupakan perusahaan yang
memberikan jawaban dari permasalahan di dalam masyarakat (sosial) dengan solusi
yang menghasilkan profit (ekonomi). Ciri lain dari perusahaan startup adalah
adanya inovasi teknologi dengan sifat disruptif. Perusahaan startup juga
memiliki iklim lingkungan kerja yang sehat dan ‘anti perbudakan’. Tidak heran
banyak anak muda yang ingin bekerja di perusahaan startup di Indonesia. Perusahaan
startup bidang pendidikan yang pertama adalah PT Ruang Raya Indonesia.
Perusahaan ini mengembangkan startup yang diberi nama Ruangguru.
Berikut saya akan menjelaskan salah satu perusahaan
startup di Indonesia yaitu Ruangguru. CEO dari Ruangguru ini adalah milenial
bernama Adamas Belva Syah Devara. Ruangguru didirikan pada April 2014 oleh
Belva Devara dan Iman Usman untuk membantu para pelajar menemukan berbagai
pembimbing di dunia maya sebagai solusi untuk menjawab permasalahan pendidikan
di Indonesia.
1. MARKETING
Ruangguru dalam perjalanan bisnisnya juga mengalami
persaingan usaha dalam starup Pendidikan seperti HarukaEdu, Zenius, Quipper,
Arkademy, IndonesiaX. Sehingga Ruangguru dalam mengatasi persaingan berinovasi
dalam memasarkan produknya yaitu Pengguna
hanya perlu berlangganan untuk bisa mendapatkan layanan Ruangguru. Pastinya
juga, harga yang ditawarkan oleh Ruangguru relatif masih terjangkau.
Pertama, pengguna akan mendapatkan ruang
belajar online. Nantinya, kalian akan diajarkan berbagai mata pelajaran melalui
video. Juga ada latihan soal yang pastinya semakin menjamin pemahaman pengguna
terkait materi yang diajarkan.
Kedua, adalah layanan digital bootcamp,
pengguna akan memperoleh kesempatan untuk belajar dengan grup online
se-Indonesia. Ketiga, ada ruang les. Dimana pengguna dapat memanggil atau
meminta guru les untuk datang ke rumah.
Ketiga, juga disediakan ruang les online. Jika
pengguna lebih nyaman dengan bimbingan belajar yang dilakukan secara online,
kalian bisa memilih layanan ini.
Keempat, ada ruang uji tryout online,
dikhususkan untuk kalian yang duduk di kelas 6, 9, dan 12. Berfungsi untuk
kalian yang akan menjalani ujian akhir kelulusan. Keenam, adalah layanan
learning management system, sebagai sarana kelas virtual.
Adapun beberapa
produk jasa yang ditawarkan Ruangguru yang dapat membantu para orang tua siswa
dan pelajar, di antaranya:
· Ruangbelajar
Produk ini menawarkan cara belajar melalui
video dan latihan soal secara online.
· Ruangbelajar Plus
Produk ini menawarkan paket lengkap bimbel
online, siswa dapat menemukan pengalaman belajar bersama tutor dan banyak teman
se-Indonesia, lengkap dengan berbagai fitur menarik dan dapat digunakan pada
smartphone maupun PC/laptop/desktop.
· Ruangles
Produk ini menawarkan pencarian guru privat
berkualitas yang dapat datang ke rumah untuk mengajari siswa.
· Ruanglesonline
Produk ini menawarkan jasa tutor
ruanglesonline yang akan membantu siswa membahas soal dan mengerti pelajaran
via live chat.
· Ruanguji
Produk ini menyediakan soal-soal Try Out yang
dapat dikerjakan secara online.
· Ruangkelas
Produk ini menawarkan layanan Learning Management System sebagai sarana kelas virtual untuk para guru dan murid.
2. RESEARCH AND DEVELOPMENT
Bergerak di bidang pendidikan dan teknologi
yang mengembangkan proses belajar learning management system, yang mana
targetnya adalah pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP),
dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan para Guru.
Ruangguru melakukan ekspansi pertamanya pada
2019. Pada 28 Oktober 2019, Ruangguru meluncurkan aplikasi untuk pasar Vietnam
bernama Kien Guru. Sampai saat ini, Ruang Guru telah memiliki
lebih dari 6 juta pengguna. Juga telah mewadahi lebih dari 150 ribu guru dengan
kurang lebih 100 bidang pelajaran.
Ruangguru menyediakan kemudahan bagi para
penggunanya dengan cara bekerjasama dengan pihak bank untuk melakukan
pembayaran melalui transfer bank/ transfer virtual account pada bank BCA, BNI, Mandiri,
BRI, PermataBank. Bekerjasama dengan minimarket seperti Indomaret dan Alfa
Group ( Alfamart, Alfamidi, Lawson, Dandan),. Bekerjasama dengan cara cicilan
seperti AkuLaku dan Kredivo. Bekerjasama dengan Kantor Pos Indonesia, juga
da[at melakukan pembayaran melalui kartu debit/kredit (Visa, Master Ccard, JCB,
American Exspres), selain itu juga bias melalui Dana, OCO,Go-pay.
3. PROCUREMENT
Ruangguru mendapat pendanaan tahap awal (seed
funding) dari East Ventures di tahun 2014. Sebelumnya, Ruangguru menjalankan
sistem pendanaan sendiri atau bootstrap. Pada tahun 2015, Ruangguru berhasil
menggalang pendanaan Seri A senilai lebih dari Rp13 miliar. Pendanaan dipimpin
oleh Venturra Capital yang merupakan modal ventura milik Lippo Group. East
Ventures, investor sebelumnya juga berpartisipasi dalam seri pendanaan yang
dimaksudkan untuk memperluas bisnis dengan melakukan diversifikasi layanan
serta meningkatkan sumber daya manusia perusahaan ini. Pada 5 Juli 2017, Ruangguru
mengkonfirmasi telah mendapatkan pendanaan seri B yang dipimpin oleh modal
ventura milik bank asal Singapura yaitu UOB Venture Management. Ruangguru
menggunakan dana ini untuk memperkuat konten edukasi, teknologi, hingga
pemasarannya. Selain dari modal ventura, Ruangguru juga mendapatkan pendanaan
dari dana hibah. Pada Mei 2017, Ruangguru mendapat hibah dari Groupe Speciale
Mobile Association (GSMA) melalui program Ecosystem Accelerator Innovation Fund.
Pada 25 September 2017, Ruangguru berhasil memenangkan tiga penghargaan dalam
ajang SOLVE Challenge yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi
Massachusetts (MIT). Ruangguru kemudian mendapatkan dana hibah dari Pemerintah
Australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia dan
Atlassian Foundation International. Keberhasilan Ruangguru dalam kompetisi
global yang diikuti 103 negara tersebut diraih melalui ide Digitalbootcamp yang
membantu anak putus sekolah melalui bimbel daring agar dapat lulus SMA dan
memperoleh pekerjaan yang layak. Pendanaan yang didapatkan Ruangguru digunakan
untuk melakukan proyek percontohan (pilot project) program tersebut pada
sekitar 600 pelajar. Pada Mei 2018, Ruangguru mendapatkan hibah putaran kedua
dari program ini yang digunakan untuk mengembangkan konten-konten kesiapan
kerja. Ruangguru juga memberikan diskon harga bagi para membernya sebesar 70%
dengan kode JADI JUARA.
4. OPERATIONS
Ruangguru telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta mengelola 300 ribu guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Start-up yang bergerak di bidang pendidikan ini mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang dapat diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. Ruangguru juga telah dipercaya untuk bermitra dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan 326 pemerintah kota dan Kabupaten di Indonesia. Selain itu, Ruangguru juga menyediakan akses bank soal, video pembelajaran, maupun layanan pencarian dan pemesanan guru privat yang terdapat pada smartphone, PC/laptop/desktop maupun datang ke rumah.
Komentar
Posting Komentar