VALUE CHAIN PADA PERUSAHAAN STARUP "RUANGGURU"

Perusahaan startup adalah suatu perusahaan yang sedang dirintis dan berusia dibawah 5 tahun. Oleh sebab itu, perusahaan startup juga seringkali disebut dengan ‘perusahaan rintisan’. Namun, seiring dengan perkembangannya, definisi berdasarkan usia di bawah 5 tahun tidak lagi begitu relevan. Karena sudah banyak perusahaan startup di Indonesia yang beroperasi lebih dari 5 tahun namun masih tergolong ke dalam startup. kemudian perusahaan startup didefinisikan lebih kepada suatu perusahaan yang menggabungkan unsur sosial dengan ekonomi. Startup merupakan perusahaan yang memberikan jawaban dari permasalahan di dalam masyarakat (sosial) dengan solusi yang menghasilkan profit (ekonomi). Ciri lain dari perusahaan startup adalah adanya inovasi teknologi dengan sifat disruptif. Perusahaan startup juga memiliki iklim lingkungan kerja yang sehat dan ‘anti perbudakan’. Tidak heran banyak anak muda yang ingin bekerja di perusahaan startup di Indonesia. Perusahaan startup bidang pendidikan yang pertama adalah PT Ruang Raya Indonesia. Perusahaan ini mengembangkan startup yang diberi nama Ruangguru.

Berikut saya akan menjelaskan salah satu perusahaan startup di Indonesia yaitu Ruangguru. CEO dari Ruangguru ini adalah milenial bernama Adamas Belva Syah Devara. Ruangguru didirikan pada April 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman untuk membantu para pelajar menemukan berbagai pembimbing di dunia maya sebagai solusi untuk menjawab permasalahan pendidikan di Indonesia.

1. MARKETING

Ruangguru dalam perjalanan bisnisnya juga mengalami persaingan usaha dalam starup Pendidikan seperti HarukaEdu, Zenius, Quipper, Arkademy, IndonesiaX. Sehingga Ruangguru dalam mengatasi persaingan berinovasi dalam memasarkan produknya  yaitu Pengguna hanya perlu berlangganan untuk bisa mendapatkan layanan Ruangguru. Pastinya juga, harga yang ditawarkan oleh Ruangguru relatif masih terjangkau.   

Pertama, pengguna akan mendapatkan ruang belajar online. Nantinya, kalian akan diajarkan berbagai mata pelajaran melalui video. Juga ada latihan soal yang pastinya semakin menjamin pemahaman pengguna terkait materi yang diajarkan.

Kedua, adalah layanan digital bootcamp, pengguna akan memperoleh kesempatan untuk belajar dengan grup online se-Indonesia. Ketiga, ada ruang les. Dimana pengguna dapat memanggil atau meminta guru les untuk datang ke rumah.

Ketiga, juga disediakan ruang les online. Jika pengguna lebih nyaman dengan bimbingan belajar yang dilakukan secara online, kalian bisa memilih layanan ini.

Keempat, ada ruang uji tryout online, dikhususkan untuk kalian yang duduk di kelas 6, 9, dan 12. Berfungsi untuk kalian yang akan menjalani ujian akhir kelulusan. Keenam, adalah layanan learning management system, sebagai sarana kelas virtual.

Adapun beberapa produk jasa yang ditawarkan Ruangguru yang dapat membantu para orang tua siswa dan pelajar, di antaranya:

·     Ruangbelajar

Produk ini menawarkan cara belajar melalui video dan latihan soal secara online.

·     Ruangbelajar Plus

Produk ini menawarkan paket lengkap bimbel online, siswa dapat menemukan pengalaman belajar bersama tutor dan banyak teman se-Indonesia, lengkap dengan berbagai fitur menarik dan dapat digunakan pada smartphone maupun PC/laptop/desktop.

·     Ruangles

Produk ini menawarkan pencarian guru privat berkualitas yang dapat datang ke rumah untuk mengajari siswa.

·     Ruanglesonline

Produk ini menawarkan jasa tutor ruanglesonline yang akan membantu siswa membahas soal dan mengerti pelajaran via live chat.

·     Ruanguji

Produk ini menyediakan soal-soal Try Out yang dapat dikerjakan secara online.

·     Ruangkelas

    Produk ini menawarkan layanan Learning Management System sebagai sarana kelas virtual untuk para guru dan murid.

2. RESEARCH AND DEVELOPMENT

Bergerak di bidang pendidikan dan teknologi yang mengembangkan proses belajar learning management system, yang mana targetnya adalah pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan para Guru.

Ruangguru melakukan ekspansi pertamanya pada 2019. Pada 28 Oktober 2019, Ruangguru meluncurkan aplikasi untuk pasar Vietnam bernama Kien Guru.  Sampai saat ini, Ruang Guru telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna. Juga telah mewadahi lebih dari 150 ribu guru dengan kurang lebih 100 bidang pelajaran.

Ruangguru menyediakan kemudahan bagi para penggunanya dengan cara bekerjasama dengan pihak bank untuk melakukan pembayaran melalui transfer bank/ transfer virtual account pada bank BCA, BNI, Mandiri, BRI, PermataBank. Bekerjasama dengan minimarket seperti Indomaret dan Alfa Group ( Alfamart, Alfamidi, Lawson, Dandan),. Bekerjasama dengan cara cicilan seperti AkuLaku dan Kredivo. Bekerjasama dengan Kantor Pos Indonesia, juga da[at melakukan pembayaran melalui kartu debit/kredit (Visa, Master Ccard, JCB, American Exspres), selain itu juga bias melalui Dana, OCO,Go-pay.

3. PROCUREMENT

Ruangguru mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dari East Ventures di tahun 2014. Sebelumnya, Ruangguru menjalankan sistem pendanaan sendiri atau bootstrap. Pada tahun 2015, Ruangguru berhasil menggalang pendanaan Seri A senilai lebih dari Rp13 miliar. Pendanaan dipimpin oleh Venturra Capital yang merupakan modal ventura milik Lippo Group. East Ventures, investor sebelumnya juga berpartisipasi dalam seri pendanaan yang dimaksudkan untuk memperluas bisnis dengan melakukan diversifikasi layanan serta meningkatkan sumber daya manusia perusahaan ini. Pada 5 Juli 2017, Ruangguru mengkonfirmasi telah mendapatkan pendanaan seri B yang dipimpin oleh modal ventura milik bank asal Singapura yaitu UOB Venture Management. Ruangguru menggunakan dana ini untuk memperkuat konten edukasi, teknologi, hingga pemasarannya. Selain dari modal ventura, Ruangguru juga mendapatkan pendanaan dari dana hibah. Pada Mei 2017, Ruangguru mendapat hibah dari Groupe Speciale Mobile Association (GSMA) melalui program Ecosystem Accelerator Innovation Fund. Pada 25 September 2017, Ruangguru berhasil memenangkan tiga penghargaan dalam ajang SOLVE Challenge yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Ruangguru kemudian mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia dan Atlassian Foundation International. Keberhasilan Ruangguru dalam kompetisi global yang diikuti 103 negara tersebut diraih melalui ide Digitalbootcamp yang membantu anak putus sekolah melalui bimbel daring agar dapat lulus SMA dan memperoleh pekerjaan yang layak. Pendanaan yang didapatkan Ruangguru digunakan untuk melakukan proyek percontohan (pilot project) program tersebut pada sekitar 600 pelajar. Pada Mei 2018, Ruangguru mendapatkan hibah putaran kedua dari program ini yang digunakan untuk mengembangkan konten-konten kesiapan kerja. Ruangguru juga memberikan diskon harga bagi para membernya sebesar 70% dengan kode JADI JUARA.

4. OPERATIONS

Ruangguru telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta mengelola 300 ribu guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Start-up yang bergerak di bidang pendidikan ini mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang dapat diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. Ruangguru juga telah dipercaya untuk bermitra dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan 326 pemerintah kota dan Kabupaten di Indonesia. Selain itu, Ruangguru juga menyediakan akses bank soal, video pembelajaran, maupun layanan pencarian dan pemesanan guru privat yang terdapat pada smartphone, PC/laptop/desktop maupun datang ke rumah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Government-to-Citizens (G2C) pada Aplikasi Kacapuri di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau

CONVERGENCE